Selamat datang di web Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika "Aljabar" Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur Propinsi Kalimantan Tengah.
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika "Aljabar" Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur Propinsi Kalimantan Tengah yang menggunakan nama populer MGMP ALJABAR PARENGGEAN, merupakan wadah berhimpun guru-guru mata pelajaran Matematika SMP di Kecamatan Parenggean. Sebenarnya ada keinginan untuk meng-cover area yang lebih luas, seperti Kecamatan Mentaya Hulu dan Antang Kalang, namun mengingat kondisi geografis, hal tersebut adak sulit dilaksanakan.
Tujuan didirikannya MGMP ALJABAR PARENGGEAN adalah :
1. Meningkatkan kompetensi guru Matematika SLTP dalam materi esensial Matematika.
2. Membantu guru Matematika SLTP yang belum berkualifikasi S-1 dalam perkuliahan melalui Pengakuan
Hasil Belajar Sebelumnya (PHBS)
3. Memberi bekal pengetahuan tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru Matematika SLTP
4. Menumbuhkann minat guru Matematika SLTP untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
5. Memberikan bantuan kepada guru Matematika SLTP dalam meningkatkan jenjang kepangkatan.
Sasaran Kegiatan adalah guru-guru Matematika SLTP di Kecamatan Parenggean, yang :
1. Belum berkualifikasi S-1
2. Belum mengikuti Sertifikasi Profesi Guru dalam Jabatan.
Hasil Yang Diharapkan
1. Adanya peningkatan kompetensi guru Matematika SLTPdi Kecamatan Parenggean, sehingga mampu
mengelola pembelajaran di kelas dengan baik.
2. Meningkatkan ketrampilan guru dalam penyusunan perangkat mengajar.
3. Menumbuhkan minat guru dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
4. Terjadinya sharing pengalaman antara guru Matematika SLTPse Kecamatan Parenggean.
5. Terwwujudnya peningkatan mutu proses pembelajaran yang tercermin dari peningkatan hasil belajar
peserta didik.
6. Tercapainya kenaikan pangkat ke jenjang yang lebih tinggi ( dari JV/a ke IV/b dan seterusnya)
melalui hasil PTK yang dilakukan dalam MGMP.
Manfaat
1. Bagi Guru :
a. Peningkatan Kompetensi pada Materi Esensial Pelajaran Matematika, Pedagogik, maupun kompetensi
lainnya.
b. Hasil kegiatan dapat dipergunakan untuk mendapat pengakuan SKS dari LPTK (bagi guru yang belum
S-1), kenaikan pangkat dan untuk melengkapi portofolio berkas sertifikasi guru dalam jabatan.
2. Bagi Sekolah :
Memiliki guru-guru, terutama guru Matematika yang kompeten, profesional dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
3. Bagi Siswa :
Dapat mengikuti pembelajaran yang baik dan menyenangkan sehingga memungkinkan untuk berkembang secara optimal, mendapatkan ilmu pengetahuan yang pada akhirnya diharapkan dapat mencapai hasil belajar yang lebih optimal..
4.Bagi MGMP
Terwujudnya MGMP sebagai wadah komunikasi, pembinan, dan peningkatan profesionalisme guru mata pelajaran yang terpercaya.