iklan

Kamis, 03 Maret 2011

PELAKSANAAN OPEN CLASS

Kegiatan Open Class kelompok 1 MGMP Maatematika Aljabar Parenggean dilaksanakan pada haari Rabu tanggal 02 Maret 2011 dengan guru Model SRI WIYANTI, S.Pd.Pelaksanaan Open Class dilaksanakan pada jam 08.15 s.d jam 10.35 d kls, VIIa SMP 1 PARENGGEAN dengan materi pokok bahsan Himpunan pada sub pokok bahasan Digram Venn dan Himpunan Bagian. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para observer (pengamat) dari anggota MGMP Mat Aljabar adalah :
1. Warniati, S.Pd
2. Ellin Ismayanti, S.Pd
3. Magda Lumbantoruan, SP

Sedangkan observer dari Tean Ahli MKKS dan Pengawas diwakili oleh :
1. Ismail Manaku, S.Pd
2. Sudiatno, S.Pd
3. Weldi, S.Pd.
4. Agung Prasetyo, S.Pd

Pada pelaksaanaan Open Class kelompok 1 MGMP MAT ALJABAR, Guru Model menggunakan Pendekatan / Model Pembelajaran Role Playing (Permainan Peran) dan penyampaian materi pelajaran disajikan dengan Media LCD melalui Power point.
Kegiatan diawali dengan Apersepsi yaitu menyinggung materi yang telah lewat yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan pada saat ini. sedangkan Motivasinya yaitu kegunaan materi yang akan dipelajari saat ini dengan kehidupan kita sehari-hari.
Pada kegiatan intinya guru Model menyajikan materi dengan Power Point dan melibatkan hampir semua siswa Kls. VIIa untuk bermain peran untuk menggambarkan hubungan antara dua himpunan yang satu merupakan himpunan bagian dari yang lain. Dengan melelui media LCD dan disajikan dalam bentuk Power Point.Dalam materi ini juga disajikan bagaimana siswa memerankan hubungan dua himpunan yang satu bukan merupakan himpunan bagian dari yang lainnya. Juga dijelaskan melalui Power Point bagaimana cara menentukan banyaknya himpunan bagian dari suatu himpunan jika diketahui banyaknya anggota himpunan itu adalah n maka rumus banyaknya himpunan bagian adalah 2  .
Pada bagian Penutup kegiatan guru memberikan kesimpulan atau rangkuman dari materi yang telah dipelajari  dan memberikan refleksi kepada siswa apa saja bagian yang penting untuk ditekankan dan diperhatikan oleh siswa dan terakhir, guru memberikan tugas kepada siswa sebagai PR.












Suasana pada kegiatan Open Class di Kls. VIIa SMP 1 Parenggean tampak para siswa sedang mengerjakan latihan soal sebagai bagian dari Elaborasi pada Kegiatan Inti.









Tampak juga suasana di Kls VIIa dan di tengah-tengah siswa hadir beberapa observer yang mewakili anggota MGMP Mat Aljabar tengah memperhatikan berlangsungnya suasana belajar mengajar di kelas tersebut.










Komentar Via Facebook :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar