iklan

Senin, 21 Februari 2011

REFLEKSI LESSON STUDY

            Refleksi Lesson Study
MGMP Matematika SLTP “Aljabar” Parenggean
Oleh: Ibu Yuni Wardaningsih, S.Pd


Pelaksanaan Lesson Study MGMP Matematika SLTP Al Jabar dilakukan pada tanggal 2 Pebruari 2011 dengan guru model Emeylin, S.Pd di SMP Negeri 3 Parenggean pukul 09.15 – 11.15 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh anggota MGMP dan tim ahli. Dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa hal yang perlu dibenahi, sebagaimana yang dikemukakan oleh tim ahli.


Masukan dari bapak Ismail Manaku, S.Pd antara lain alokasi waktu kegiatan perlu dievaluasi kembali karena dinilai terlalu lama sehingga jalannya pembelajaran kurang efektif. Saat pendahuluan guru tidak menyampaikan target minimal atau nilai minimal yang harus dicapai siswa. Selain itu pada awal pembentukan kelompok kelas seharusnya diseting terlebih dahulu sehingga pembagian kelompok bisa teratur. Pada kegiatan inti  guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan menanggapi pertanyaan dari siswa, serta guru tidak memberikan kuis untuk mengetahui pemahaman konsep siswa. Ketiadaan LKS pada saat pembelajaran juga mempengaruhi efektifitas pembelajaran yang dilakukan.

Masukan dari Bapak La Fahudi, S.Pd antara lain kurangnya perencanaan pelaksanaan Lesson Study mempengaruhi jalannya pembelajaran. Pada pelaksanaan seharusnya guru memberi nama kelompok dengan nama nama ahli seperti kelompok Aljabar, kelompok Pytagoras dan sebagainya, disamping itu guru juga harus memperhatikan kondisi kelompok. Pada akhir pembelajaran guru tidak memberikan rangkuman bagi siswa sehingga dinilai kurang pas untuk kemajuan belajar siswa.

Beri Komentar Via Facebook :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar